Mencatat dengan pulpen dan kertas lebih efektif

shares |





Menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Association for Psychological Science, Amerika serikat, membuktikan bahwa mencatat dengan menggunakan pulpen dan kertas lebih efektif dan membuat Anda lebih mengingat isinya dibandingkan menulisnya dengan laptop atau alat elektronik lain.
Penelitian ini dilakukan kepada para mahasiswa. Mereka dibagi dua kelompok, yang pertama mencatat dengan laptop dan sisanya mencatat dengan pulpen dan kertas. Hasilnya, para mahasiswa yang mencatat dengan pulpen dan kertas memiliki daya ingat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang memakai laptop.
Mereka kemudian juga diminta untuk menulis kembali hal-hal yang sudah mereka catat sebelumnya dan terbukti mahasiswa dengan pulpen dan kertas punya hasil yang lebih lengkap.
Ternyata hal ini disebabkan karena saat menggunakan laptop untuk mencatat mahasiswa cenderung melakukan kegiatan lain, seperti membuka file atau media sosial. Meski terbilang mencatat dengan cepat tapi mereka jadi kurang fokus.
Berbeda dengan mereka yang mencatat dengan cara konvensional. Mahasiswa tersebut lebih fokus mendengarkan meski menulis lebih lambat. Namun, di dalam otak mereka akan berputar untuk mencari padanan kata yang pas untuk dituliskan. Hal itu membuat semua informasi terserap dengan sempurna di dalam ingatan.


sumber : www.beritagar.id

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar