Aktivitas yang Tanpa Sadar Merusak Kesehatan Mata Anda

shares |






MATA adalah salah satu organ vital pada manusia. Apabila seseorang mengalami gangguan penglihatan, maka aktivitasnya akan terhambat. Untuk itu penting merawat dan menjaga kesehatan mata. Tapi terkadang, banyak orang yang melupakan hal ini. Kebanyakan dari mereka hanya fokus pada kesehatan tubuhnya.
Berbagai macam rutinitas yang Anda lakukan mungkin saja memengaruhi kesehatan mata. Dilansir dari Health, Senin (7/8/2017), inilah aktivitas yang tanpa sadar merusak kesehatan mata;

1. Tidur dengan lensa kontak
Kini banyak orang yang memilih menggunakan lensa kontak dibandingkan dengan kacamata. Bila Anda memakai lensa kontak, Anda tidak boleh lupa melepaskannya ketika mau tidur. Lensa kontak yang terbawa tidur bisa menghalangi kornea untuk masuk ke dalam kornea. Bila hal itu terus terjadi berpotensi mengakibatkan infeksi dan ulkus kornea.

2. Melupakan pemeriksaan mata
Idealnya Anda harus memeriksakan kesehatan mata paling tidak sekali setahun. Tapi sayangnya, banyak orang yang pergi ke dokter mata apabila matanya sudah bermasalah. Padahal, rajin memeriksakan mata membuat dokter lebih mudah untuk mengatasi masalah yang mungkin saja timbul seperti tumor atau pembuluh darah yang rusak. Kondisi itu tentunya tidak bisa dideteksi sendiri.

3. Menggunakan eyeliner
Penggunaan eyeliner di bagian dalam bawah bulu mata berisiko membawa bakteri masuk ke mata. Sebab, partikel yang ada di eyeliner bisa saja bercampur dengan air mata. Untuk amannya, Anda bisa menggunakan eyeliner di bagian luar saja.

4. Tidur dengan riasan
Tidak jarang orang langsung tertidur dan lupa menghapus riasan wajahnya karena sudah terlalu letih. Padahal, riasan yang ada di sekitar mata bisa menyumbat kelenjar yang ada di sekitar mata. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan riasan wajah terutama di bagian mata.

5. Tidak mengecek masa berlaku produk
Orang-orang yang menggunakan lensa kontak akan terbiasa dengan larutan pembersih untuk membuat lensa kontaknya tetap steril. Tak hanya itu, banyak juga yang suka memakai obat tetes mata bila terjadi iritasi. Saat menggunakan larutan pembersih atau obat tetes mata, jangan lupa untuk mengecek masa berlaku produk. Sebab, produk yang kadaluwarsa tidak bekerja secara efektif dan bisa merusak lensa kontak. Bila sudah begitu, masalah pada mata bisa bertambah parah.

6. Terlalu banyak menggunakan obat tetes
Saat mata merah karena iritasi atau hal lain, orang cenderung menggunakan obat tetes mata. Bila mata merah berlangsung dalam waktu lama, Anda jangan terus menggunakan obat tetes mata. Obat itu malah akan membuat mata semakin merah dan memburuk dalam jangka panjang. Ada baiknya segera kunjungi dokter bila mata terus merah padahal sudah diberi obat tetes.


sumber : www.lifestyle.okezone.com




Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar