17.55 |
|PERENCANAAN PENETAPAN HARGA
Dari
sudut pandang pemasaran, harga merupakan ukuran atau nilai dari barang dan jasa
yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang
atau jasa. Perusahaan dalam
keberadaannya sebagai salah satu unit organisasi, pada dasarnya didirikan untuk
mencapai suatu tujuan. Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan pada
dasarnya adalah untuk mencapai keuntungan serta menjaga kelangsungan hidupnya. Setiap
pimpinan perusahaan dituntut untuk dapat menyusun perencanaan pemasaran yang
efektif, sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Salah satu unsur
terpenting dari perencanaan pemasaran adalah penentuan haraga jual, distribusi
dan promosi. A. LINGKUNGAN PEMASARAN
Lingkungan
pemasaran merupakan factor-faktor diluar kendali pemasar, tetapi sangat
mempengaruhi proses pemasaran. Pemasar harus memahami bahwa inti dari setiap
usaha pemasar adalah mengetahui perilaku konsumen dan lingkungan pemasaran. Faktor-faktor
lingkungan yang mempengaruhi pemasaran meliputi : A.
Lingkungan kompetitif Pemasar harus mempertimbangkan sifat
persaingan pasar dima perusahaan
bersaing. Pemasar menerapkan strategi pemasar menurut jenis sifat persaingan.
Pemasar atau perusahaan harus memperhitungkan karakteristik pemasarnaya.
Pemasar harus mengetahui bagaimana konsumen akan bereaksi terhadap perusahaan
ekonomi tertentu. B. Lingkungan ekonomi Lingkungan
ekonomi terdari dari factor-faktor ekonomi yang mempengaruhi persaingan secara
tidak langsung. C. Lingkungan internal perusahaan pemasar
juga tidak mempunyai kemampuan pengendalian yang sempurna terhadap sumber daya
dan sasaran perusahaannya. D. Kebijaksanaan ekonomi kebijaksanaan
ekonomi terdiri dari dua macam, yaitu kebijaksanaan fiskal, dan kebijaksanaan
pemerintah untuk mempengaruhi kinerja ekonomi melalui mekanisme anggaran
belanja Negara. Kebijaksanaan moneter adalah kebijaksanaan bank sentral (BI)
untuk mengetahui kinerja ekonomi dengan cara mempengaruhi jumlah uang yang
beredar dan tingkat bunga. E. Lingkungan teknologi lingkungan
teknologi dapat berimplikasi terhadap peluang-peluang atau ancaman-ancaman
terhadap pemasar apabila produknya mempunyai perbedaan yang lebih unggul
dibandingkan oleh para pesaingnya sehingga produknya tidak dapat dengan mudah
ditiru atau dikembangkan oleh pesaingnya. F. Lingkungan budaya budaya ditentukan oleh
nilai masyarakat. Budaya mempunyai pengaruh kuat terhadap pemasar karena pola
perilaku yang berbeda diantara budaya yang berbeda pula. G. Lingkungan politik dan hukum lingkungan
politik dan hukum dapat menjadi salah satu penghambat bagi pemasar, karena
banyak Negara mempunyai peraturan-peraturan mengenai advertising. Sistem
politik atau Negara juga dapat mempengaruhi kegiatan pemasar. H. Lingkungan sosial dan etik lingkungan
sosial dan etik juga merupakan faktor yang harus dipertimbangkan oleh para pemasar,
para pemasar diharapakan bertindak sesuai etika yang berlaku. Para pemasar
seharusnya tidak memberikan informasi yang salah atau menyesalkan, serta
bertentangan dengan etika dalam setiap kegiatan periklanannya.
0 komentar:
Posting Komentar